10 peringkat komik termahal di dunia



10 peringkat komik termahal di dunia
Awalnya banyak yang beranggapan bahwa komik adalah bacaan yang diperuntukkan bagi anak-anak atau remaja semata. Sehingga tidak mengherankan bila bacaan yang penuh ilustrasi ini dipandang sebelah mata.
Namun dalam perkembangannya, komik yang makin beragam jenis dan bentuknya memiliki tempat spesial di kalangan pencintanya yang semakin tumbuh. Apalagi telah sangat banyak kisah maupun karakter yang sebelumnya populer melalui komik diangkat ke layar lebar sehingga memiliki value yang sangat fantastis.

komik-termahal
Komik, terutama yang masuk kategori klasik atau langka telah lama menjadi konsumsi para kolektor dunia. Bahkan beberapa edisi dengan spesifikasi tertentu, terutama dalam kondisi yang masih baik, bisa berharga selangit.
Hal tersebut menggelitik Klub Sepuluh untuk merangkum Top 10 komik termahal di dunia.
10. Fantastic Four #1
komik-termahal
Komik terbitan Marvel Comics yang berkisah tentang petualangan Human Torch, Mr Fantastic, Invisible Woman dan The Thing ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby untuk menyaingi komik keluaran DC Comics yang sukses, Justice League Of America.
Seri pertama dari serial The Fantastic Four, yang kini telah diangkat ke layar lebar, terbit pada November 1961 dan dihargai Rp. 3.348.000.000.
9. Action Comics #7
komik-termahal
Yang menyebabkan komik terbitan 1938 ini menjadi barang koleksi bernilai tinggi adalah karena kelangkaannya.
Bercerita tentang petualangan Scoop Scanlan, Marco Polo dan Zatara dalam menumpas kejahatan, serial Action Comics ini menjadi seri komik yang spesial karena kehadiran Superman.
Dalam sebuah lelang komik ini laku terjual dengan harga Rp. 4.848.000.000.
8. Amazing Fantasy #15
komik-termahal
Pada edisi ke 15 dari serial komik Amazing Fantasy terbitan Marvel inilah karakter superhero populer Spiderman diperkenalkan.
Dan edisi ini menjadi bernilai sangat tinggi karena inilah edisi terakhir serial ini. Hal tersebut disebabkan karena pihak Marvel memutuskan untuk menerbitkan serial Spiderman pada serial komiknya sendiri.
Komik langka ini dihargai senilai Rp. 4.884.000.000
7. Batman #1
komik-termahal
Walaupun sebelumnya pernah tampil dalam komik lain sebelumnya, namum inilah komik solo pertama Batman yang juga menampilkan si bocah ajaib, Robin.
Dalam karya Bob Kane yang diterbitkan oleh DC Comics ini, turut tampil pula untuk pertama kalinya sang musuh bebuyutan The Joker juga Catwoman.
Komik bersejarah ini berharga tak kurang dari Rp. 5.280.000.000.
6. All-American Comics #16
komik-termahal
All American Comics bercerita tentang sepak terjang seorang pilot cilik Hop Harrigan dan kawannya seorang anggota korps marinir Amerika Serikat bernama Red.
Pada edisi ke 16 serial ini diperkenalkanlah tokoh superhero baru bernama Green Lantern yang kemudian menjadi lebih populer dan memiliki serial komiknya sendiri.
Kehadiran Green Lantern yang kisahnya telah diangkat ke layar lebar inilah yang menyebabkan edisi klasik ini pantas dihargai sebesar Rp. 5.736.000.000.
5. Marvel Comics #1
komik-termahal
Edisi pertama dari serial Marvel Comics ini berkisah tentang petualangan 4 sekawan yaitu The Angel, Submariner, Masked Rider dan The Human Torch.
Namun jangan salah mengira jika The Human Torch disini adalah tokoh yang sama dengan salah satu anggota The Fantastic Four. The Human Torch disini adalah seorang manusia robot.
Walaupun kisahnya kurang populer, namun karena kelangkaannya, komik ini sekarang dihargai sebesar Rp. 5.988.000.000.
4. Detective Comics #1
komik-termahal
Pada serial Detective Comics inilah nantinya tokoh Batman untuk pertama kalinya diperkenalkan.
Terbitan DC Comics ini menceritakan beberapa petualangan detektif seperti pasangan Speed Saunders dan The River Patrol, Cosmo Sang Ahli Penyamaran, detektif Bret Lawton, Bruce Nelson, Gumshoe Gus, Eagle-Eyed Jake, pasangan Buck Marshall dan Slam Bradley, dan mata-mata Bart Regan.
Edisi yang terbit pada bulan Maret tahun 1937 ini berharga Rp. 6.420.000.000.
3. Superman #1
komik-termahal
Inilah komik solo pertama tokoh superhero paling populer di dunia, Superman.
Setelah muncul untuk kali pertama dalam serial komik Action Comics, edisi pertama dari serial komik legendaris ini memunculkan latar belakang kehidupan Clark Kent. Seperti dimunculkannya tokoh Pa dan Ma Kent, asal muasal Superman, dan bagaimana Clark menjelma menjadi seorang manusia super.
Komik yang harga aslinya cuma 10 sen dolar ini sekarang bernilai tak kurang dari Rp. 8.580.000.000.
2. Detective Comics #27
komik-termahal
Edisi ke 27 dari serial Detective Comics ini adalah sebuah tonggak sejarah. Karena pada edisi inilah untuk pertama kalinya tokoh Batman diperkenalkan pada dunia.
Bersama dengan munculnya Batman, pada edisi ini pula diperkenalkan kota asalnya yaitu Gotham City dan Komisaris Polisi Gordon. Sedangkan karakter Robin baru diperkenalkan pada edisi ke 38 serial ini.
Untuk sebuah tonggak sejarah dunia perkomikan, edisi yang diterbitkan oleh DC Comics pada bulain Mei tahun 1939, tak mengherankan bila edisi ini dihargai Rp. 30.840.000.000.
1. Action Comics #1
komik-termahal
Dan inilah komik historis termahal yang pernah ada. Seperti diketahui sebelumnya, melalui serial Action Comics inilah tokoh Superman diperkenalkan.
Dikabarkan saat ini tak lebih dari 100 kopi edisi ini yang tersisa di dunia, diyakini juga cuma sedikit yang masih terjaga kondisinya dengan baik.
Salah satu kopi dari komik ini pernah ditemukan melekat pada dinding sebuah rumah di Minnesota laku terjual "hanya" seharga Rp. 2.100.000.000.
Bandingkan dengan milik aktor kawakan Hollywood, Nicolas Cage yang pada sebuah lelang berhasil terjual pada angka Rp. 34.680.000.000.

0 komentar:

Posting Komentar